...
Pipa Tembaga sebagai Solusi Pengaliran yang Ampuh
Pipa Tembaga sebagai Solusi Pengaliran yang Ampuh

Pipa Tembaga sebagai Solusi Pengaliran yang Ampuh

Tahukah kamu tentang pipa tembaga? Pipa jenis ini kerap digunakan sebagai alat konstruksi dan berbagai kebutuhan rumah tangga, tetapi belum lumrah saja di mata masyarakat. Untuk penjelasan lebih detail, simak artikel ini sampai tuntas. -MegaBaja.co.id

Mengenal Apa Itu Pipa Tembaga

Mengenal Apa Itu Pipa Tembaga
Mengenal Apa Itu Pipa Tembaga

Pipa tembaga merupakan jenis pipa yang kerap kali digunakan untuk instalasi air dingin maupun air panas, mesin pendingin, intalasi AC hingga penyaluran gas.

Pipa tembaga dipilih karena keunggulannya yang tidak gampang bocor. Terlebih lagi, material tembaga adalah jenis logam yang terkenal elastis alias mudah dibentuk.

Dan ini dia ulasan lengkapnya tentang berbagai pipa, Mari simak artikelnya tentang besi pipa jenis serta ukuran.

Ketika tembaga dijadikan sebagai pipa, maka hasilnya luar biasa, yaitu tidak reaktif bahkan lebih tahan terhadap korosi. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, pipa tembaga jauh lebih baik meski memiliki harga relatif lebih mahal.

Sifat dari pipa tembaga ini tahan panas dan tahan api. Jadi, tidak akan menimbulkan gas beracun jika terjadi kebakaran. Pipa tembaga juga tidak mendukung pertumbuhan bakteri yang bisa bersarang di dalamnya atau disebut juga bersifat biostatik.

Justru hal ini yang menjadikan kualitas kebersihan air yang dialirkan, sehingga lebih terjaga keamanannya. Jangan khawatir pada kandungan timbal pada tembaga, Karena sudah lebih dulu dibersihkan ketika sedang proses produksi. Jadi, tidak perlu khawatir akan resiko kesehatan yang ditimbulkan karena pipa tembaga sudah aman.

Kamu pasti bertanya-tanya mengenai penjelasan dari fungsi pipa tembaga. Jadi, simak baik-baik ulasannya di bawah ini.

Fungsi Pipa Tembaga

Berikut adalah fungsi dari pipa tembaga, antara lain:

Untuk Instalasi Air

Fungsi utama pipa tembaga adalah sebagai pendukung instalasi air. Selain itu juga digunakan untuk pembuangan air dalam kulkas dan pemasangan oksigen. Untuk penggunaannya, kamu tinggal memilih pipa yang tersebar di pasaran dalam berbagai bentuk, seperti batangan panjang, gulungan kaku dan spiral. Untuk ketebalannya juga bervariasi, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan instalasi.

Plumbing Rumah Tangga

Material pipa tembaga digunakan secara luas pada sistem plumbing rumah tangga di negara ini. Material ini digunakan sebagai penyedia air bersih ke berbagai titik air seperti pancuran toilet dan wastafel. Ketahanan pipa tembaga menjadikannya tidak gampang bocor dan rusak yang dapat menyebabkan kerugian finansial.

Pipa tembaga juga menjaga kualitas air melalui sistem plumbing. Jadi, mampu menjamin air bersih yang sehat dan aman untuk keluarga.

Untuk Industri Minuman dan Makanan

Pipa tembaga juga digunakan dalam berbagai aplikasi di sektor industri makanan dan minuman. Biasanya diaplikasikan untuk sistem distribusi air bersih pada proses produksi. Sehingga mampu menjaga kesegaran dan kualitas produk yang dihasilkan.

Sebagai Sistem Pendingin Udara (AC)

Peran penting pipa tembaga pada sistem pendingin udara (AC) adalah untuk mengalirkan refrigeran. Jadi, dapat membantu mendinginkan ruangan secara efisien. Aplikasi pipa tembaga dalam AC ini mampu menciptakan ruangan yang nyaman dan sejuk untuk daerah tropis Indonesia. Selain itu, pipa tembaga pada AC dilapisi pelindung thermal untuk membuat suhu freon tetap stabil.

Sebagai Pemanas Air

Sebagai Pemanas Air
Sebagai Pemanas Air

Pipa tembaga selalu menjadi pilihan populer untuk membuat sistem pemanas air di Indonesia. Daya tahannya menjadi solusi yang tepat untuk aplikasi pemanas air dalam hunian maupun bangunan komersial.

Jika kamu sedang membutuhkan pipa tembaga, ada beberapa jenis yang bisa kamu lirik dari kualitas dan merknya yang sudah digunakan di beberapa negara. Untuk lebih detailnya, lihat ulasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Pipa Tembaga

Inilah penjelasan terkait jenis-jenis pipa tembaga yang perlu kamu tahu, antara lain:

Pipa Kembla Copper

Di Indonesia, produk Kembla ini terkenal sebagai produk pipa tembaga, fitting dan stainless steel yang berkualitas baik. Produk ini diproduksi oleh MM Kembla yang hampir berusia 100 tahun. Khusus untuk pipa tembaga, bisa digunakan untuk pemasangan pendingin udara (AC) dan kulkas. Pipa ini juga ada dua variasi yaitu melingkar dan lurus.

Pipa Crane Copper

Untuk pipa tembaga yang satu ini diproduksi oleh Crane Enfield Metals Pty. Limited, yang berpusat di Australia. Dikenal sebagai pipa yang yang berbahan baku berkualitas tinggi dan sangat baik.

Mayoritas pipa crane copper digunakan untuk instalasi peralatan industri dan konstruksi, memenuhi kebutuhan pendingin udara, pengaliran limbah cair dan pengaliran gas untuk kebutuhan medis.

Pipa Denji Copper

Untuk pipa copper dari Denji ini terkenal sebagai pipa tahan lama yang diproduksi untuk memenuhi standar yang diciptakan oleh American Society for Testing and Material (ASTM). Standar ASTM ini sudah pasti terbuat dari 99,9% tembaga murni yang umumnya dipakai untuk instalasi sistem pendingin dan pemanas.

Kamu bisa memilih dua jenis pipa tembaga Denji yakni Seamless Copper Air Tabung yang memenuhi ASTM B88 dan Seamless Tabung Tembaga ACR yang memenuhi ASTM B280.

Pipa Tembaga AC

Untuk instalasi AC, kamu bisa memilih pipa tembaga khusus untuk AC yang dapat disesuaikan dengan jenis AC-nya. Berikut ada beberapa jenis pipa yang umuk digunakan untuk instalasi AC, di antaranya:

Pipa AC Rigid

Untuk pipa rigid sangat cocok digunakan instalasi AC dengan medan lurus. Kamu juga bisa menggunakan pipa rigid untuk sistem pendingin di hotel, apartemen dan bangunan lain. Kelebihannya tidak mudah penyok. Tapi, tidak dapat ditekuk sehingga perlu sambungan fitting elbow untuk mengubah arah saat proses pemasangan.

Pipa AC Soft

Digunakan untuk pendingin AC berjenis split. Kelebihannya lebih mudah dibentuk sehingga proses penyambungan bisa dikerjakan dengan flare tekan kemudian dilas.

Pipa tembaga memang terkenal mahal, tapi banyak hal yang membuat pipa ini memiliki beberapa kelebihan. Simak keterangannya.

Kelebihan Pipa Tembaga

Kelebihan Pipa Tembaga
Kelebihan Pipa Tembaga

Berikut adalah beberapa kelebihan pipa tembaga yang harus kamu tahu, antara lain:

Daya Tahan dan Memiliki Elastisitas

Pipa tembaga memiliki daya tahan lebih tinggi daripada jenis pipa lain. Selain itu, material tembaga juga terkenal elastis sehingga tidak memerlukan banyak konektor atau pengencang ketika proses pemasangan.

Lebih Aman

Pipa tembaga jauh lebih aman karena tidak menimbulkan gas beracun meski terkena api dan panas. Juga bersifat biostatik yang menjadikan bakteri tidak berkembang di bagian luar dan dalamnya.

Lebih Kuat

Bersifat anti korosi, jadi tak perlu khawatir air berubah menjadi kecoklatan.

Ramah Lingkungan

Pipa tembaga dapat didaur ulang jika sudah tidak digunakan. Selain itu, anti bocor, jadi bisa mengalirkan air dalam jumlah besar. Bisa mencapai usia 50 tahun bahkan lebih.

Kekurangan Pipa Tembaga

Setelah mengetahui kelebihannya, sekarang giliran kekurangannya. Ada beberapa kekurangan pipa tembaga yang harus kamu ketahui juga. Ini bisa jadi bahan pertimbangan ke depannya. Kekurangan tersebut di antaranya:

Biaya dan Harga yang Mahal

Pipa tembaga terkenal dibanderol dengan harga mahal. Tidak hanya itu, biaya instalasi saja bisa merogoh kocek.

Rentan Korosi dari pH Air Rendah

Umumnya memamg bersifat anti korosi, tapi jika terkena air pH yang rendah dengan keasaman yang tinggi maka dapat mengikis permukaan dan bagian dalam tembaga. Jika kamu tinggal di daerah dengan air ber-pH rendah sebaiknya tidak menggunakan pipa tembaga.

Rentan terhadap Kerusakan dari Getaran dan Guncangan

Memang terkenal kuat, tapi cendrung sensitif jika menghadapi guncangan dan getaran dibandingkan dengan pipa plastik. Jika ada guncangan gempa mungkin lebih mudah retak dan pecah.

Berpotensi Dicuri

Karena memiliki nilai jual yang tinggi, menjadikan pipa tembaga ini berpotensi dicuri. Kasus pencurian pipa tembaga biasa ditemukan pada bangunan yang tidak terawat. Ini yang dapat merugikan dan menyebabkan kerusakan pada sistem plumbing pada bangunan.

Itulah pembahasan mengenai pipa tembaga beserta fungsi, jenis, kelebihan dan kekurangannya. Jika berminat instalasi pipa ini untuk bangunan kamu, sebaiknya konsultasikan dahulu kepada ahlinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Just an ordinary people.