...
Oven Listrik vs Oven Gas, Pilih Mana
Oven Listrik vs Oven Gas, Pilih Mana

Oven Listrik vs Oven Gas, Pilih Mana?

Sedang mencari oven tetapi tidak yakin oven seperti apa yang tepat untuk kamu? Kamu mungkin bisa mempertimbangkan oven listrik dan oven gas. Sekilas keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni memanaskan dan memanggang makanan. Namun, ada beberapa perbedaan antara oven listrik dan gas. Beberapa perbedaan antara kedua jenis oven ini bahkan bisa mempengaruhi pengalaman memasak kamu, lho. -MegaBaja.co.id

Nah, agar kamu tidak salah memilih oven, simak terus artikel tentang oven listrik vs oven gas ini, ya.

Mengenal Apa Itu Oven

Mengenal Apa Itu Oven
Mengenal Apa Itu Oven

Oven merupakan suatu alat yang mampu menghasilkan panas untuk memasak makanan. Sedangkan secara teknis, oven adalah alat berupa ruang panas berinsulasi yang sering digunakan untuk mengeringkan atau memasak makanan.

Alat ini ternyata sudah ada sejak zaman prasejarah. Zaman ketika orang masih memasak makanan di atas api. Tapi pada masa itu oven masih sangat sederhana, hanya terbuat dari batu dan tanah liat.

Namun seiring berjalannya waktu, oven yang tadinya berukuran besar mulai disesuaikan untuk keperluan rumah tangga. Kini, kamu bisa menemukan berbagai jenis oven, seperti oven listrik dan oven gas.

Lalu, apa perbedaan antara oven listrik dan oven gas? Simak terus ulasannya!

Perbedaan Oven Listrik dan Oven Gas

Oven listrik dan oven gas berbeda dalam hal sumber panas, cara penggunaan, suhu pemanggangan, hingga hasil masakan. Mengetahui perbedaan antara kedua jenis oven ini akan membantu kamu dalam menentukan jenis oven seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Sumber Panas

Perbedaan utama oven listrik dan oven gas ada pada sumber panas yang digunakan. Seperti namanya, oven listrik memanfaatkan energi listrik untuk menghasilkan panas. Daya yang dibutuhkan dalam satu kali memanggang biasanya sekitar 1400 Watt. Meskipun beberapa oven listrik lebih hemat energi, tapi umumnya akan memerlukan lebih banyak waktu untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Sebaliknya, sumber panas yang digunakan oleh oven gas adalah api yang dihasilkan oleh gas. Sebagian besar dari oven gas dilengkapi dengan pembakar yang terletak di kompartemen bawah. Di samping itu, ada beberapa oven gas yang memiliki dua pembakar, dengan pembakar kedua yang terletak di atas. Sehingga panas yang dihasilkan lebih merata.

Cara Penggunaan

Penggunaan oven gas sedikit lebih rumit sebab harus disiapkan dan dioperasikan secara manual. Pertama-tama kamu perlu menyiapkan tabung gas, kemudian disambungkan ke saluran gas. Sambungkan dengan benar karena jika tidak, maka bisa menimbulkan risiko ledakan dan kebakaran yang membahayakan keselamatan.

Sedangkan penggunaan oven listrik lebih praktis. Hal ini dikarenakan pemasangannya yang mudah dan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti pengaturan suhu, otomatisasi waktu, dan masih banyak lagi. Kamu hanya perlu mencolokkan kabel ke stopkontak lalu atur fitur oven listrik sesuai dengan yang dibutuhkan.

Suhu Memasak

Oven gas mengandalkan api untuk mencapai suhu memasak yang tinggi dengan cepat. Kamu juga bisa mengontrol ukuran dan suhu api dengan mudah, sehingga waktu memasak dapat berakhir lebih cepat. Meskipun demikian, kamu harus tahu bahwa oven gas mempunyai titik panas, dimana beberapa area akan lebih panas dibandingkan area lainnya.

Sementara itu, oven listrik menggunakan bahan logam untuk mendistribusikan panas ke seluruh bagiannya. Jadi, suhu pada oven akan terjaga dan tetap merata selama proses memasak berlangsung. Hal ini membuat oven listrik lebih cocok digunakan untuk memanggang atau memanaskan masakan yang sensitif terhadap perubahan suhu dan menghindari gosong di area tertentu.

Suhu Memasak
Suhu Memasak

Hasil Masakan

Perbedaan sumber panas dan cara kerja dari oven listrik dan oven gas berpengaruh terhadap masakan yang dihasilkan. Dibandingkan dengan oven gas, oven listrik menghasilkan makanan yang kering dan renyah sebab suhu di dalam oven tinggi

Sebaliknya, oven gas menciptakan kelembapan tinggi di dalam oven. Ini dikarenakan adanya uap air selama proses pembakaran. Hasilnya adalah permukaan atau bagian luar masakan cenderung lebih lembab.

Jenis Masakan

Oven listrik cocok untuk kamu yang menginginkan tekstur renyah. Seperti misalnya kue kering, pastry atau bakery kering, serta makanan yang digoreng

Nah, jika kamu ingin memasak daging yang permukaannya agak basah atau lembab, atau mungkin ingin memanggang kue dengan konsistensi lembab semacam brownies atau kue bolu, oven gas adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Ukuran Oven

Kebanyakan oven listrik memiliki bentuk yang ergonomis dan ramping. Pengoperasiannya juga tidak ribet, hanya mengandalkan stopkontak. Kamu juga tidak memerlukan ruang tambahan untuk menyimpan gas. Maka tak heran oven ini sering digunakan untuk keperluan masakan rumahan.

Sementara itu, oven gas rata-rata memiliki ukuran yang lebih besar sehingga butuh lebih banyak ruang. Meskipun oven gas bisa dikatakan kurang praktis, tapi oven ini banyak digunakan di kalangan profesional. Alasannya karena oven gas mampu menghasilkan suhu yang lebih presisi untuk mencapai kematangan yang sempurna, terutama saat memanggang roti dan kue. Apalagi dengan ukurannya yang besar, kamu bisa memanggangnya dalam jumlah banyak.

Itulah perbedaan dari oven gas dan oven listrik. Masih belum paham dengan perbedaan keduanya? Nah, agar lebih paham, sebaiknya kamu simak penjelasan tentang kekurangan dan kelebihan oven listrik dan oven gas di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Oven Listrik

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan oven listrik. Mungkin ini bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Apa saja kelebihan dan kekurangannya itu? Yuk kita bahas mulai dari kelebihannya terlebih dahulu.

Kelebihan Oven Listrik

Tidak Memerlukan Banyak Tempat

Desain ergonomis oven jenis ini membuatnya cocok untuk penggunaan sehari-hari. Cukup letakkan saja di dekat sumber listrik. Kamu juga tidak perlu menyiapkan ruangan untuk tabung gas.

Banyak Pilihan

Kamu bisa memilih oven listrik dari segi desain, daya, kapasitas, dan model sesuai dengan keinginan. Selain itu, oven listrik juga menawarkan fitur yang bisa kamu atur dan pilih sesuai kebutuhan.

Praktis dan Mudah Dipindahkan

Salah satu perbedaan utaman oven listrik dan oven gas adalah ukurannya. Oven listrik berukuran lebih kecil dan ringan. Sehingga oven ini praktis dan mudah dipindahkan.

Panas Lebih Merata

Suhu pada oven listrik lebih rata dan stabil. Jadi cocok digunakan untuk masakan yang sensitif terhadap perubahan suhu. Masakan juga akan terhindar dari yang namanya gosong.

Memiliki Pengaturan Suhu dan Waktu

Oven listrik lebih modern karena sudah dilengkapi dengan pengaturan suhu dan waktu. Adanya pengaturan waktu membuat kegiatan memanggang menjadi lebih praktis karena oven bisa mati secara otomatis sesuai dengan pengaturan.

Kekurangan Oven Listrik

Bergantung pada Listrik

Oven ini mengandalkan listrik, jadi apabila mati listrik atau sedang ada pemadaman, maka masakan kamu tidak akan matang tepat waktu. Ini tentu menjadi masalah, sebab suhu di dalam oven tidak stabil.

Kapasitas Kecil

Kapasitas oven listrik kecil, jadi kamu tidak bisa memasak dalam jumlah banyak. Tapi jika kamu tetap ingin memasak dalam jumlah banyak, maka kamu harus melakukannya berulang kali hingga beberapa batch. Resikonya waktu yang dibutuhkan akan lebih lama.

Perlu Perawatan Ekstra

Komponen elektronik pada oven listrik harus diperhatikan dan dirawat secara ekstra agar awet dan tahan lama. Namun biasanya kerusakan oven listrik jarang terjadi jika listrik di rumah kamu tidak bermasalah.

Perlu Perawatan Ekstra
Perlu Perawatan Ekstra

Kelebihan dan Kekurangan Oven Gas

Sekarang saatnya membahas tentang kelebihan dan Kekurangan dari oven gas. Mari mulai dari kelebihannya terlebih dahulu. Simak baik-baik, ya!

Kelebihan Oven Gas

Memasak Lebih Cepat

Suhu pada oven gas cepat naik, membuat masakan lebih cepat matang. Hal ini dikarenakan pemanasannya mengandalkan panas dari api langsung.

Awet

Biasanya, oven gas bisa digunakan selama bertahun-tahun. Oven ini minim kendala selama kamu menggunakannya secara baik-baik.

Kapasitas Lebih Besar

Ukurannya yang besar cocok untuk memasak dalam jumlah banyak. Jadi, oven jenis ini cocok untuk kebutuhan usaha, bukan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kekurangan Oven gas

Resiko Kebakaran Lebih Tinggi

Oven gas membutuhkan tabung gas sehingga cara pemasangannya juga harus benar. Karena jika prosedur pemasangannya kurang tepat, maka bisa menimbulkan bahaya akibat tabung gas bocor.

Butuh Ruang Penyimpanan Luas

Oven jenis ini cukup memakan banyak tempat. Untuk itu, kamu harus menyiapkan tempat supaya tabung gas bisa tersimpan dengan baik.

Desain Kurang Menarik

Tampilan oven gas lebih sederhana dan cenderung tidak menarik. Sebagian besar memiliki desain yang polos dengan warna logam yang monoton.

Harga Mahal

Sebenarnya ini hal wajar, mengingat ukuran oven gas sendiri cukup besar. Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah biaya gas untuk bahan bakar oven.

Pilih Mana, Oven Listrik atau Oven Gas?

Jawabannya tergantung apa kebutuhan kamu. Apabila kamu membutuhkan alat pemanggang untuk sehari-hari, hemat tempat, dan praktis, maka oven listrik jawabannya. Kamu bisa memanggang ayam, menghangatkan makanan, hingga membuat kue. Namun, kamu harus siap dengan tagihan listrik dan pemadaman listrik secara tiba-tiba.

Di sisi lain, andaikata kamu ingin memasak dengan jumlah banyak baik itu untuk keluarga atau untuk usaha, awet, cepat panas serta tidak masalah dengan harga dan tampilan monoton, maka oven gas adalah pilihan yang tepat. Tapi kamu harus hati-hati dalam pemasangan tabung gasnya.  Siapkan juga biaya tambahan untuk pembelian tabung gas, ya.

Demikian pembahasan tentang oven listrik vs oven gas. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang masih bingung menentukan oven apa yang sebenarnya dibutuhkan. Jadi, oven mana yang kamu pilih?

Just an ordinary people.