...
Tuntas! Ini Dia Cara Mudah Membasmi Rayap di Rumah
Tuntas! Ini Dia Cara Mudah Membasmi Rayap di Rumah

Tuntas! Ini Dia Cara Mudah Membasmi Rayap di Rumah

Masalah yang sering kali ditemukan di rumah dan furnitur kayu adalah serangan rayap. Tidak dapat dipungkiri, masalah ini kerap membuat penghuninya kesal karena rayap berpotensi merusak perabotan, kayu kusen, tembok dan benda lain. Jika dibiarkan, maka kerusakan akan semakin fatal dan berakibat ambruk. Dalam artikel ini akan membahas bagaimana cara membasmi rayap secara alami dan mudah dilakukan. Simak selengkapnya. -MegaBaja.co.id

Pentingnya Memperhatikan Pencegahan Serangan Hama

Pentingnya Memperhatikan Pencegahan Serangan Hama

Rayap merupakan hama yang berkembang biak dan membentuk satu koloni lalu bersarang di dalam bagian furnitur atau material kayu di bagian lain.

Terbayang kan kalau furnitur kayu, lantai kayu parket, tembok dan kayu kusen dimakan rayap. Pastinya kamu sebagai pemiliknya harus merogoh kocek lagi untuk mengganti dan memperbaiki semuanya.

Selain rayap, ada serangga lain yang berpotensi merusak elemen kayu dan tembok, seperti semut dan kecoa. Mereka bisa saja bersarang dan dapat menimbulkan penyakit bagi penghuni rumah. Kadang, orang mengabaikan metode pencegahan serangga parasit ini, sehingga ketika hama datang, perasaan menyesal yang didapat.

Nah, sebelum rayap merusak material kayu dan tembok di rumahmu, kamu harus mengetahui bagaimana cara membasmi rayap secara alami, mudah dan ampuh.

Beberapa cara ini bisa kamu coba di rumah. Bahannya terjangkau, mudah ditemukan dan tidak perlu mengeluarkan dana berlebihan. Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mudah Membasmi Rayap di Rumah dengan Alami

Berikut adalah beberapa cara yang harus kamu praktekkan di rumah, di antaranya:

Gunakan Kapur Barus atau Kamper

Kandungan zat kimia pada kapur barus terbukti bisa dijadikan obat anti rayap. Cara ini ampuh dan efektif karena adanya zat naftalena di dalamnya. Kandungan ini bersifat mematikan bagi serangga kecil seperti kecoa, semut dan rayap.

Cara ini sudah lumrah dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Cukup letakkan segenggam kapur barus di dalam furnitur kayu, di bawah lantai parket sebelum pemasangan, atau simpan dalam bentuk utuh di dalam lemari.

Memperbesar Lubang Ventilasi

Banyak yang belum tahu bahwa melebarkan lubang ventilasi merupakan cara mudah dan alami untuk membasmi rayap. Karena ventilasi lebar dapat mencegah kelembaban sehingga rayap tidak dapat berkembang biak dan menetap.

Ventilasi yang dilebarkan bertujuan agar cahaya dan udara bisa masuk ke dalam rumah dengan maksimal dan menyeluruh. Sehingga mampu menghadirkan kondisi rumah yang sehat. Jika ada bagian tembok sudah terbelah, segera tutupi bagian yang retak. Karena rayap sangat sensitif dan berpotensi memakan retakan tembok juga.

Menjemur Furnitur Kayu

Menjemur Furnitur Kayu
Menjemur Furnitur Kayu

Jemurlah furnitur kayu ketika sinar matahari terasa hangat sampai tingkat kepanasan sinar matahari 35° Celcius. Tujuan menjemurnya secara rutin agar furnitur kayu tidak lembab.

Kalau merasa keberatan menjemur furnitur kayu, kamu bisa memberikan lapisan pernis kayu agar lebih awet. Aroma dari bahan pernis juga sangat menyengat dan tidak disukai rayap.

Menyalakan AC untuk Menurunkan Suhu Ruangan

Rayap sangat membenci cahaya dan suhu panas, selain itu rayap juga tidak menyukai suhu dingin. Kamu bisa memasang AC di ruangan yang terdapat furnitur kayu atau di ruang yang dipasang lantai kayu parket. Jangan lupa untuk mengatur AC di suhu rendah sehingga tembok dan kayu di rumahmu terhindar dari rayap.

Menyemprotkan Air Sabun

Air sabun juga efektif membasmi rayap karena kandungan bahan kimianya. Harganya juga lebih murah dibandingkan dengan bahan kimia lain. Cairan sabun ini dapat mengganggu aliran pernapasan rayap sehingga lebih cepat mati.

Penggunaan air sabun untuk membasmi rayap terbilang mudah, caranya semprotkan cairan sabun ke seluruh furnitur kayu atau tembok yang sudah diserang rayap. Cara ini untuk mencegah pertumbuhan rayap yang mampu menyebabkan kerusakan besar.

Memanfaatkan Air Cucian Beras

Jangan terburu-buru membuang air cucian beras, karena air ini dikenal mempunyai banyak manfaat, salah satunya dapat membasmi rayap. Penggunaannya juga mudah, hanya disemprotkan saja ke permukaan kayu atau tembok yang sering dihinggapi rayap. Sekawanan rayap sangat membenci aroma alami dari beras ini. Cara ini perlu kamu coba dan lihat hasilnya.

Gunakan Air Garam

Pasti selalu ada garam di dapur, kan? Banyak yang belum tahu manfaat garam selain untuk masakan bisa juga digunakan untuk membasmi rayap dalam waktu singkat, lo. Caranya buatlah larutan khusus pembasmi rayap dengan air dan campurkan garam ke dalamnya.

Setelah itu, masukan larutan ke botol khusus penyemprotan. Lalu semprotkan pada furnitur kayu dan tembok yang dihinggapi rayap.

Memanfaatkan Daun Kemangi

Rayap sangat tidak menyukai aroma menyengat. Nah, daun kemangi ini memiliki aroma yang dapat menggangu penciuman rayap dan membuatnya tidak betah. Caranya sederhana, simpan beberapa lembar daun kemangi di dalam furnitur kayu yang areanya terdapat tanda sarang rayap seperti lubang kecil atau retakan. Jika daunnya sudah mengering, ganti dengan daun kemangi yang masih segar.

Gunakan Olesan Minyak Jeruk

Minyak jeruk bisa kamu manfaatkan untuk membasmi rayap secara alami. Kandungan d-limonene pada jeruk terbukti ampuh membunuh rayap dan hama lain. Minyak jeruk ini bisa kamu beli di toko terdekat atau online.

Siramkan Solar dan Oli

Membasmi rayap dengan menyiramkan oli atau solar sering digunakan oleh masyarakat. Bahkan metode ini bisa digunakan untuk mengatasi rayap tanah yang terkenal ganas bersarang di sekitar rumah.

Bahan bakar oli atau solar ampuh membunuh rayap karena menimbulkan sensasi panas. Kalau kamu hendak menggunakannya, maka harus hati-hati, pastikan tidak ada pemantik api.

Gunakan Bahan Kimia Pembasmi Rayap

Gunakan Bahan Kimia Pembasmi Rayap
Gunakan Bahan Kimia Pembasmi Rayap

Bahan kimia pembasmi rayap sudah mudah ditemukan di pasaran maupun di toko online. Biasanya, kimia pembasmi rayap sudah terbukti ampuh dan cepat mengatasi serangga kecil yang bersifat parasit.

Jika cara-cara di atas masih belum memuaskan, maka ada kimia yang direkomendasikan. Kamu harus ikuti petunjuk penggunaan pada kemasannya sebelum digunakan.

Ada beberapa bahan kimia yang bisa kamu beli untuk membasmi rayap, yaitu, Hogasan, Conant, Bantrek, Latrex 400 EC, Termikon, Bayer Agenda, Dust Termite, Bayer Cislin, Bash Stealth, dan sebagainya. Beberapa bahan ini perlu kamu coba dan gunakan seperlunya. Namun, penggunaannya harus hati-hati, karena bahan kimia ini juga mengganggu penciuman penghuni rumah.

Sebagai warga Indonesia, memang selalu identik dengan penggunaan elemen kayu sebagai bahan konstruksi, dekorasi dan furnitur. Hal ini memaksa warganya agar mengetahui bagaimana cara mencegah kerusakan kayu, terutama dari serangan rayap.

Serangan rayap memang tidak bisa dihindari tapi bisa dicegah perkembangannya dengan cara membasminya. Kecuali jika kayu yang digunakan adalah kayu meranti, kayu Jati, kayu Merbau dan kayu Ulin.

Demikian pembahasan mengenai cara membasmi rayap dengan mudah dan alami dan bisa kamu praktekan di rumah. Jagalah kebersihan, rawatlah barang dengan baik untuk mencegah pertumbuhan rayap dan berkembang serangga parasit lain. Semoga artikel ini bermanfaat.

Just an ordinary people.