...
Intip Yuk! Keunggulan dan Jenis Karpet Lantai dan Harga yang Beredar di Pasaran
Intip Yuk! Keunggulan dan Jenis Karpet Lantai dan Harga yang Beredar di Pasaran

Intip Yuk! Keunggulan dan Jenis Karpet Lantai dan Harga yang Beredar di Pasaran

Tahukah kamu? Karpet lantai merupakan perabotan yang masih menjadi pilihan banyak orang untuk melengkapi estetika rumah, baik untuk digunakan sebagai alas furnitur maupun sebagai tempat bersantai ria. Dalam artikel ini akan membahas keunggulan menggunakan karpet lantai,  jenis-jenisnya, gambaran harganya yang beredar di pasaran. Simak selengkapnya di bawah ini. -MegaBaja.co.id

Popularitas Karpet Lantai

Karpet lantai sering kali dipilih sebagai perabot yang modis, kaya akan motif, praktis, dan terbukti bermanfaat sehingga mampu meningkatkan gaya interior rumah. Tren penggunaan karpet lantai tidak tergerus perkembangan zaman, buktinya masih populer sampai sekarang.

Seiring perkembangan zaman, banyak pengusaha karpet lantai yang menciptakan inovasi dan menghadirkan varian berserta harga yang beragam. Selain itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih karpet lantai seperti warna, motif dan bahannya.

Di Indonesia, karpet lantai yang paling populer adalah ambal atau permadani. Karpet jenis ini terbuat dari tekstil yang terdiri dari dua sisi, yakni sisi bulu dan sisi alas.

Lantas, apa saja keunggulan menggunakan karpet lantai di rumah? Simak dulu penjelasannya di bawah ini.

Keunggulan Menggunakan Karpet Lantai

Manfaat menggunakan karpet lantai bukan sekedar pemanis ruangan saja, tapi juga ada keunggulan lain, lho. Di antaranya:

Meminimalisir Kebisingan

Karpet lantai berfungsi sebagai peredam suara, baik itu suara bising dari penghuni rumah maupun suara langkah kaki yang mengganggu. Karpet justru menjadi peredam suara yang lebih efektif dibandingkan dengan jenis lantai lainnya.

Menjadi Alas Jika Terjatuh

Seperti yang kita ketahui selama ini, rata-rata karpet terbuat dari tekstil lembut sehingga terasa empuk. Bagian alasnya dilapisi permukaan anti-slip untuk mencegah orang tergelincir. Setidaknya, karpet ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit setelah terjatuh.

Insulasi Lantai

Jika musim hujan tiba maka akan menimbulkan cuaca dingin yang tidak bersahabat. Masalah ini akan berpengaruh pada lantai sehingga terasa dingin dan tidak nyaman. Terlebih lagi jika penghuninya sering rebahan sambil menonton TV atau bercengkrama. Nah, peran karpet lantai merupakan media pembatas agar rasa dingin dari lantai tidak langsung bersentuhan dengan anggota badan. Makanya, karpet lantai cocok digelar di ruang keluarga, kamar tidur, dan ruang lainnya.

Dapat Menyembunyikan Kekurangan Lantai

Dapat Menyembunyikan Kekurangan Lantai
Dapat Menyembunyikan Kekurangan Lantai

Karpet lantai memang digunakan untuk menambah estetika dalam ruangan. Dalam hal ini, karpet mampu menyembunyikan kekurangan lantak seperti kecacatan dan kerusakan seperti retak.

Sekarang giliran membahas jenis-jenis karpet lantai yang biasa beredar di pasaran. Kamu wajib tahu tentang ini, agar tidak menyesal jika sudah membelinya.

Jenis-Jenis Karpet Lantai

Pada dasarnya, karpet lantai dibedakan berdasarkan motif dan bahan. Setiap karpet memiliki keunikan. Maka dari itu, simak dulu apa yang membedakan karpet satu dengan yang lainnya, simak di bawah ini:

Karpet Lantai Berdasarkan Motifnya

Motif Klasik

Karpet yang dihias motif klasik biasanya dilengkapi dengan ornamen mewah yang relatif ramai. Kamu bisa menemukan motif klasik ini pada karpet lantai Persia dan timur tengah. Perpaduan warna karpet dan coraknya akan menghadirkan kesan mewah sehingga menambah estetika ruangan.

Motif Klasik
Motif Klasik

Motif Modern

Untuk gaya modern biasanya terkenal memprioritaskan desain yang modis tapi sederhana. Karpet lantai yang bermotif modern ini selalu memadukan pola geometris dan garis-garis warna modern. Gayanya sangat stylish sehingga mengundang daya tarik.

Karpet Lantai Berdasarkan Bahan

Karpet Lantai Bahan Kulit

Material kulit memang terkenal sebagai bahan berkualitas dan masa pakai yang cukup lama. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang menyukai karpet kulit. Jika digelar dalam ruangan, karpet kulit akan memberikan kelembutan dan kehangatan. Tetapi, karpet jenis ini terbilang sulit dibersihkan, makanya jauhkan karpet ini dari tempat yang mudah kotor.

Karpet Lantai Bahan Wol

Sudah tidak diragukan lagi, karpet wol ini menawarkan kenyamanan dan kehangatan, karena terbuat dari bahan bulu domba yang lembut. Karpet jenis ini juga bisa bertahan lama jika kamu pandai merawatnya. Perawatan yang efektif untuk karpet wol adalah menggunakan vacuum cleaner.

Karpet Lantai Bahan Viskose

Mungkin masih terdengar asing, karpet ini adalah pilihan efektif bagi kamu yang menginginkan karpet sutra dengan harga terjangkau. Viskose terbuat dari bahan sintetis, namun tampilannya mirip dengan karpet sutra, bertekstur lembut dan warnanya sangat menarik perhatian. Kamu bisa memilih warna yang senada dengan cat dinding interior di rumahmu.

Karpet Lantai Bahan Nilon

Untuk karpet yang satu ini terbuat dari bahan plastik. Karpet nilon biasa digunakan di ruang perkantoran, karena mudah dicuci, mudah diganti dan praktis. Bobotnya juga sangat ringan, dengan begitu karpet ini mudah dilepas pasang jika rusak dan kotor. Selain praktis, karpet ini tersedia dalam beberapa pilihan motif dan warna, sehingga mampu menciptakan suasana ruangan yang lebih tegas. Harganya pun relatif terjangkau.

Karpet Lantai Bahan Sutra

Bahan sutra terkenal memiliki tekstur yang sangat lembut dan warna yang menarik pandangan. Dengan kelebihannya, ruangan jadi terasa lebih hangat dan nyaman. Karpet sutra asli dijual dengan harga yang fantastis, tapi sudah sesuai dengan kualitas dan tampilannya.

Karpet Lantai Bahan Sisal

Mungkin belum ramah di telinga masyarakat. Sisal ini adalah karpet lantai yang biasa digunakan untuk melapisi tangga atau bisa juga untuk menutupi seluruh permukaan lantai ruangan. Sayangnya, karpet ini tidak bisa dicuci, karena strukturnya kasar dan sifatnya mudah mengembang. Cara perawatannya cukup menggunakan mesin penyedot debu atau vacuum.

Karpet Bahan Polypropylene

Propylene terbuat dari bahan sintetis dan harganya terjangkau. Cukup diminati karena menawarkan kenyamanan dan kelembutan. Selain itu mudah dibersihkan dengan cara dicuci. Tapi, harus hati-hati karena benang karpet ini mudah putus.

Kebutuhan akan karpet lantai tidak pernah surut, tetapi bagi yang belum memiliki karpet lantai di rumah dan belum tahu kisaran harga yang beredar di pasaran, simak ulasan di bawah ini.

Beberapa Produk Karpet Lantai dan Harganya

Umumnya, material karpet lantai sangat mempengaruhi harga. Berikut bahan-bahan karpet yang beredar di pasaran beserta gambaran harganya sebagai berikut:

Karpet Tahan Air

Bahan polyfoam dan nilon adalah bahan yang tahan air dan mudah dibersihkan. Keunggulannya menjadikan karpet ini dibanderol dengan harga cukup tinggi, bekisar Rp. 255 ribu untuk ukuran 200×200 cm.

Karpet Minimalis Modern

Karpet Minimalis Modern
Karpet Minimalis Modern

Desain minimalis modern banyak diminati, coraknya yang sederhana tapi epegan memberikan nuansa yang memikat hati. Kamu bisa mendapatkan karpet ini dengan harga Rp. 170-200 ribu dengan ukuran 180×150 cm.

Karpet Velvet

Velvet atau beludru adalah bahan yang lembut, dibanderol dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa mendapatkan karpet lantai ini dengan kisaran harga Rp. 55ribu dan ukuran 90×200 cm.

Karpet Rasfur

Untuk bahan rasfur ini terkenal menawarkan kelembutan yang baik sehingga diminati banyak orang. Harga yang beredar di pasaran biasanya Rp. 180-300 ribu untuk ukuran 200×150 cm.

Minat akan karpet lantai mungkin tidak akan pernah surut, pasalnya ruangan terasa kurang lengkap tanpa adanya karpet lantai yang estetik. Kamu bisa membelinya di toko terpercaya dengan harga yang bervariatif, pastinya sesuai kebutuhan dan kemampuan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Selain karpet untuk lantai, Simak juga sob rekomendasi karpet untuk kamar tidur.

Semoga Artikel ini Bermanfaat.

Just an ordinary people.