...
20 Macam Cat Warna Cokelat dan Kode Warnanya untuk Eksterior dan Interior Rumah
20 Macam Cat Warna Cokelat dan Kode Warnanya untuk Eksterior dan Interior Rumah

20 Macam Cat Warna Cokelat dan Kode Warnanya untuk Eksterior dan Interior Rumah

Warna cokelat dan variasinya sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya di alam terbuka, tapi juga kerap dipilih dalam desain interior. Penggunaan warna cokelat mampu menciptakan suasana hangat, stabil, dan alami di ruangan. -MegaBaja.co.id

Meskipun demikian, keberadaan warna cokelat yang dominan dalam desain interior kadang-kadang terasa membosankan. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan menggabungkan warna lain. Untuk lebih jelas, kita akan membahas tentang arti warna cokelat, efek psikologi yang ditimbulkannya, serta 20 variasi warna cokelat lengkap dengan kode warnanya.

Apa Itu Warna Cokelat?

Warna cokelat adalah hasil perpaduan warna primer seperti merah, kuning, dan biru, atau bisa juga terbentuk dari campuran warna hitam dan orange. Dalam model warna RGB, cokelat dibuat dengan menggabungkan cahaya merah dan hijau dengan intensitas yang berbeda.

Macam-macam nuansa warna cokelat bisa ditemukan, mulai dari yang sangat terang hingga yang sangat gelap. Perbedaan ini tergantung pada seberapa banyak warna primer yang terkandung di dalamnya. Meski biasanya dikaitkan dengan warna kayu atau tanah, warna cokelat juga identik dengan kesan alami dan hangat.

Psikologi Warna Cokelat

Psikologi Warna Cokelat
Psikologi Warna Cokelat

Tahukah kamu bahwa efek psikologis warna cokelat cenderung menghasilkan rasa stabil, nyaman, dan damai. Warna ini kerap dikaitkan dengan kesederhanaan, kehangatan, dan ketenangan mental atau pikiran. Penggunaan berbagai nuansa warna cokelat pada desain ruangan juga dapat menciptakan kesan yang elegan dan berkelas. Tapi, jika diterapkan secara berlebihan juga akan terlihat suram atau monoton.

Karena mengandung unsur tanah atau bumi, secara psikologis nuansa warna cokelat akan memberi efek yang hangat, menyenangkan, dan rasa aman. Kesan stabil yang ditimbulkan juga dapat meningkatkan perasaan sehat pada tubuh.

Orang yang menyukai warna cokelat cenderung tenang, fokus, dan dapat diandalkan. Mereka biasanya adalah orang yang mengutamakan keluarga dan menghindari hal-hal yang membingungkan. Peminat warna cokelat umumnya stabil secara emosional dan teguh pendirian. Tak heran jika orang-orang yang menyukai warna cokelat sering diandalkan dan disukai banyak orang.

20 Macam Warna Cokelat dan Kode Warnanya

Agar kamu lebih mengenal berbagai macam warna cokelat, berikut adalah 20 jenis warna cokelat beserta kode warnanya.

7F461B Russet (Cokelat Bata)

Cokelat bata adalah cokelat merah tua yang teduh dengan undertone oranye dan kekuningan. Warna ini cocok sekali digunakan sebagai warna cat untuk pintu depan yang menonjol atau maskulin. Kamu bisa mengombinasikannya dengan teal netral terang untuk efek yang mendalam.

4B3619 Coffee (Cokelat Kopi)

Cokelat kopi mirip dengan coklat pada kopi yang disangrai. Warnanya cenderung gelap, abu-abu, dengan undertone pasir. Cokelat kopi adalah pilihan yang bagus jika kamu ingin menghadirkan kehangatan pada ruangan atau menciptakan nuansa romantis, khususnya di kamar mandi.

795C32 Peanut (Cokelat Kacang)

795C32 Peanut (Cokelat Kacang)
795C32 Peanut (Cokelat Kacang)

Peanut brown merupakan warna coklat beige, sedikit nuansa gula merah yang dalam, dengan undertone jahe. Ini adalah warna cat yang ideal untuk dinding aksen atau bagian eksterior rumah. Peanut brown cocok dipadukan dengan warna karamel yang lebih terang di sekitarnya. Atau hijau hutan jika itu untuk eksterior.

7E481C Tawny (Cokelat Terang)

Cokelat tawny yaitu campuran warna gelap dengan nuansa oranye musim gugur dan undertone labu. Jika kamu bingung warna apa yang cocok untuk warna dinding aksen ruangan, kamu bisa memilih warna ini. Lalu kombinasikan dengan warna biru air agar lebih menyegarkan.

4B382A Espresso (Cokelat Kopi Susu)

Espresso adalah warna gelap yang berada di antara coklat dan hitam. Banyak orang yang menganggap warna ini adalah hitam murni. Namun, kamu akan menemukan warna aslinya jika berada di bawah pencahayaan langsung. Espresso bisa dipadukan dengan berbagai warna, namun terlihat sangat menonjol saat dikombinasikan dengan warna putih bersih atau krem hangat.

351E10 Hickory (Cokelat Marun)

Cokelat marun atau hickory adalah warna merah dengan nuansa coklat. Hickory melambangkan keagungan, kebijaksanaan, dan kedewasaan. Warna ini mampu memberikan sentuhan dramatis pada interior modern. Tetapi cukup klasik jika diterapkan di rumah bergaya tradisional.

402F1D Wood (Cokelat Kayu)

Cokelat kayu ini umumnya adalah warna coklat merah tua yang gelap dengan serat-serat yang tidak teratur dari coklat gelap hingga hitam.

43270F Cokelat Walnut

Cokelat walnut ialah coklat ungu gelap yang hangat namun ada nuansa merah muda di dalamnya. Warna ini ideal untuk trim eksterior atau sebagai dinding aksen di dalam ruangan. Walnut cocok dipadukan dengan warna kuning atau coklat muda.

613613 Cokelat Karamel

Cokelat karamel adalah coklat kulit pohon yang dalam, dengan nuansa coklat cocoa yang kaya. Warna ini ideal untuk cat dinding aksen, di belakang perapian, atau pada rak buku. Cocok dipadukan dengan nuansa karamel yang lebih terang.

48260D Pecan (Cokelat Sedang)

Pecan adalah warna coklat beige yang mirip dengan warna kulit pohon yang cerah dengan nuansa coklat cocoa di dalamnya. Ini adalah warna yang sempurna untuk cat eksterior rumah atau dinding di dalam ruangan. Kombinasikan dengan trim berwarna hitam.

5C2C06 Gingerbread (Cokelat Jahe)

Gingerbread adalah campuran antara warna jingga dan kuning yang pekat, cerah, dengan undertone keemasan di dalamnya. Warna ini bisa kamu terapkan di kamar tidur atau ruang makan. Agar lebih sempurna, padukanlah dengan furniture gelap dan material kulit.

492000 Syrup (Cokelat Merah)

Cokelat merah merupakan warna coklat gelap yang dalam dengan sentuhan merah dan jingga. Untuk ruang tamu atau kamar tidur, warna ini adalah opsi yang bagus yang bisa kamu terapkan.

2B1700 Cokelat Pekat (Chocolate)

Ingin ruangan lebih elegan? Kamu bisa menggunakan warna ini. Cokelat pekat merupakan warna coklat gelap yang berada dengan nuansa abu-abu, raspberry, dan undertone dusty rose. Warna ini juga sangat cantik jika diterapkan sebagai cat pada trim dan pintu garasi. Cukup kombinasikan dengan aksen pink lembut agar tercipta lingkungan yang menenangkan.

997950 Cokelat Krem (Tortilla)

Apabila cat ruang makan kamu terlalu gelap, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan warna tortilla agar lebih terang. Tortilla merupakan kombinasi warna gula merah, beige, dan coklat netral yang dalam dengan undertone jahe.

997950 Cokelat Krem (Tortilla)
997950 Cokelat Krem (Tortilla)

362312 Cokelat Ungu (Umber)

Cokelat ungu adalah pigmen tanah yang memiliki tingkat transparansi tinggi dan ketahanan cahaya yang baik. Warna ini memberikan warna coklat dan beige, sehingga cocok digunakan untuk cat glazing pada permukaan eksterior maupun interior.

3B270C Cokelat Moka (Mocha)

Cokelat moka cocok dipadukan dengan warna pasir yang lebih terang dari nuansa kayu. Cokelat ini berupa coklat gelap teduh dengan undertone serat kelapa. Ini adalah pilihan yang tepat untuk cat dinding aksen di ruang tamu atau kamar tidur.

3A1F04 Cokelat Tanah (Brunette)

Kehangatan pada ruangan akan terpancar saat kamu menggunakan cat dengan warna ini. Sebab, cokelat tanah merupakan cokelat gelap keabu-abuan yang menggabungkan nuansa berkarat dan undertone cokelat. Agar lebih terasa lembut, kamu bisa memadukan warna coklat tanah dengan kayu hangat.

622A0F Cokelat Cengkeh (Cinnamon)

Ingin kamar tidur atau kamar mandi yang redup dan romantis? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan warna coklat cengkeh ini. Warna ini redup dengan undertone jahe dan sentuhan oranye. Jika ingin menggunakan warna ini, sebaiknya padukan dengan kayu yang berwarna gelap.

4B3A26 Cokelat Abu-abu (Cedar)

Cokelat cedar adalah kombinasi antara warna coklat gelap dan sentuhan abu-abu yang juga gelap. Cedar cocok sekali digunakan untuk eksterior rumah, railing, atau pintu garasi. Untuk tampilan yang lebih serasi, coba padukan dengan warna kayu alami.

7C4700 Cokelat Mustard (Brown)

Warna ini cukup populer belakangan ini. Warnanya coklat terang dengan sedikit unsur kuning gelap dan nuansa kuning lemon pada undertone-nya. Ini adalah pilihan yang tepat untuk ruang makan.

Mustard adalah warna yang cocok dikombinasikan dengan warna putih gading, merah-jingga, atau biru gelap. Sehingga, efek yang ditimbulkan lebih menarik.

Setelah mengenal berbagai macam warna coklat beserta kode warnanya, kamu menjadi lebih tahu bahwa ternyata warna memiliki peran yang signifikan dalam menciptakan suasana ruangan. Dengan begitu, diharapkan kamu bisa lebih mudah mengaplikasikannya dalam desain atau dekorasi ruangan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi. Semoga bermanfaat!

Just an ordinary people.