...
Mengenal Jenis, Contoh, Beserta Tips Memelihara Tanaman Artifisial di Rumah
Mengenal Jenis, Contoh, Beserta Tips Memelihara Tanaman Artifisial di Rumah

Mengenal Jenis, Contoh, Beserta Tips Memelihara Tanaman Artifisial di Rumah

Tanaman artifisial atau dikenal sebagai tanaman buatan, bisa membuat sudut rumahmu menjadi tempat yang sedap dipandang mata. Terlebih, tanaman ini merupakan tanaman hias yang bentuknya bisa disesuaikan dengan interior rumah sehingga meminimalisir tampilan yang terlalu rimbun. -MegaBaja.co.id

Adanya tanaman buatan ini menjadi alternatif jika kita tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tumbuh-tumbuhan, tetapi ingin memeliharanya untuk mempercantik ruangan. Selain memiliki bentuk yang sama persis dengan tumbuhan asli, tanaman buatan banyak digemari karena lebih praktis dari segi perawatan.

Mengenal Tanaman Artifisial
Mengenal Tanaman Artifisial

Nah, kenalan dengan tanaman hias buatan, yuk! Artikel berikut akan membahas tentang, jenis dan contoh tanaman artifisial. Simak juga tips bagaimana memelihara tanaman tersebut, yang bisa dijadikan panduan untuk memilih tanaman hias buatan di rumahmu.

Mengenal Tanaman Artifisial

Tanaman artifisial adalah tanaman berbahan plastik yang identik dengan tanaman hidup, baik dari fisik maupun tampilannya. Untuk mempercantik tampilan ruang, tanaman ini biasanya dikreasikan dalam bentuk pot bunga kecil atau persis seperti tanaman yang biasa ditanam pada umumnya.

Bukan hanya dimanfaatkan sebagai hiasan rumah, tanaman ini ternyata bisa dikemas menjadi sebuah aksesoris. Misalnya, dikemas dengan bentuk sebuah gantungan. Unik, bukan?

Selain tidak memerlukan perawatan khusus, seperti penyiraman, pemberian pupuk, hingga merapikan dedaunan, yang paling mencolok dari tanaman hias buatan ini terletak pada ketahanannya. Kelebihan lainnya, yaitu tidak tergantung pada musim, hingga tidak memerlukan cahaya alami untuk proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Pernahkan atau seringkah kamu mengalami bersin-bersin, hidung memerah, bahkan flu, terlebih jika dihadapkan dengan bunga dari tumbuhan asli? Nah, tampaknya kamu bisa cocok jika memelihara tanaman hias buatan ini. Tanaman artifisial dapat membuatmu terjaga dari sensitifitas terhadap serbuk bunga, sehingga mencegah alergi yang semakin parah.

Ditinjau dari sisi fleksibilitasnya tersebut, tanaman ini dapat menjadi solusi bagi siapa pun yang senang menempatkan hiasan dekoratif di dalam ruangan. Kamu bisa meletakkan tanaman hias tiruan ini di mana pun sesuai keinginan.

Menempatkan tanaman buatan tentu akan berbeda dengan menyimpan tanaman hias asli di dalam ruangan. Namun, setidaknya tanaman artifisial mampu menciptakan kesan asri di dalamnya tanpa harus direpotkan dengan perawatan tanaman asli yang biasanya cukup intens.

Jenis Tanaman Artifisial untuk Hiasan di Rumah

Seperti tanaman hias kebanyakan, tanaman artifisial juga memiliki beberapa jenis yang bisa dijadikan pilihan. Diantaranya sebagai berikut:

Tanaman Artifisial Sukulen

Pernahkah kamu melihat hiasan yang bentuknya tiruan dari tumbuhan kaktus? Bahkan, saking miripnya, terkadang kita nyaris terkecoh dengan tampilannya. Nah, karena bentuknya yang menyerupai tanaman asli inilah membuat tanaman artifisial sukulen banyak diminati dan cukup populer.

Jika kamu ingin tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur, kamu bisa memilih tanaman buatan yang satu ini. Selain kaktus mini, terdapat beberapa bentuk yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan maupun keinginan. Seperti kaktus dengan bentuk oval, mirip teratai, hingga berduri.

Tanaman Artifisial Sukulen
Tanaman Artifisial Sukulen

Tanaman Artifisial Gantung      

Umumnya, tampilan tanaman artifisial gantung ini dibuat seperti tumbuhan yang menjuntai melebihi pot bunga. Tanaman ini biasa digantung di atap rumah untuk menambah kesan asri dalam ruangan. Bisa juga dijadikan sebagai dekorasi interior maupun eksterior, disesuaikan dengan selera masing-masing.

Tanaman Artifisial Anggrek

Meletakkan anggrek tiruan di dalam ruangan tidak hanya menciptakan kesan asri, tapi juga dapat membuat dekorasi ruangan semakin tampak elegan. Tampilan memukau pada bunga ini mampu menghadirkan suasana yang menarik karena memiliki warna yang memanjakan mata.

Daun Monstera

Tanaman asli daun monster sering dijumpai di tempat-tempat yang butuh suasana estetik seperti restoran maupun mall. Namun, kamu pun bisa memajang daun mostera di rumah dalam bentuk tanaman artifisial. Tanaman hias Monstera cocok jadi dekorasi rumah bergaya tropis. Kamu bisa memilih ukuran tanaman ini sesuai kebutuhan.      

Tanaman Artificial Lavender

Lavender sering diyakini sebagai bunga yang membawa ketenangan dan memancarkan kedamaian. Meletakkan lavender artifisial pada ruangan, mampu memberikan kesan hangat, anggun, dan feminine.  Padukan tanaman tiruan ini dengan pot bunga berwarna netral untuk mendapatkan visual yang mewah.

Tanaman Artificial Lavender
Tanaman Artificial Lavender

Tanaman Artifisial Rumput

Ingin menambah kesan indah dan asri dalam ruangan? Tambahkan tanaman artifisial rumput yang berbentuk runcing ke dalam pot. Tumbuhan artifisial ini pun bisa dijadikan sebagai area bermain anak di dalam rumah, lho!

Tanaman Artifisial Pohon

Pohon identik dengan suasana teduh dan nyaman. Bagi kamu yang banyak menghabiskan aktivitas di dalam ruangan, tapi menginginkan suasana fresh tanpa harus repot membersihkan dan merawat tumbuhan hidup, bisa mencoba tips berikut!

Tempatkan tanaman buatan berbentuk pohon di salah satu sudut ruangan. Selain mendapatkan kesan rindang, warna hijau pada daun akan membuat penglihatanmu menjadi lebih segar.

Nah, itulah contoh dan jenis-jenis tanaman artifisial yang harus kamu tahu. Memiliki tanaman artifisial di dalam rumah memang memberikan keindahan dan tampak cantik. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membeli, simak bagaimana tips menggunakan serta merawat tanaman artifisial ini, yuk!

Tips Menggunakan dan Merawat Tanaman Artifisial

Memiliki tanaman artifisial tidak lantas menjadikan kamu malas dan enggan untuk melakukan perawatan. Terdapat beberapa tips untuk menggunakan dan merawat tanaman hias palsu di rumah. Di antaranya:

Pilih Tanaman Artifisial Yang Berkualitas

Jika ingin membeli tanaman artifisial, kamu harus mencari dan melakukan seleksi bahan. Tentunya, kamu tidak ingin, bukan, jika tanaman buatan di rumahmu memiliki tampilan yang tidak menarik? Nah, bahan yang digunakan harus berkualitas tinggi. Umumnya, bisa dipilih dari bahan seperti plastik polyester atau sutra.

Saat menentukan tanaman hias buatan, pilihlah tanaman dengan warna-warna yang cerah, bertekstur, serta memiliki detail-detil kecil dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut akan semakin memberikan kesan nyata pada tampilan tanaman artifisial.

Gunakan Pot yang Unik dan Kreatif

Pemilihan pot dapat berpengaruh pada penampilan tanaman palsu. Bentuk yang bermacam-macam bisa membuat tanaman hias buatan lebih menarik dan tidak terlihat membosankan.

Sesuaikan Ukuran Tanaman

Jika kamu ingin membuat titik fokus pada ruangan dengan menempatkan tanaman hias buatan, pilihlah yang berukuran besar. Sementara tanaman yang lebih kecil menciptakan tampilan yang berlapis dan subur. Perhatikan ukurannya dan pastikan tanaman tersebut sesuai dengan perabotan lainnya.

Padu Padankan Berbagai Jenis Tanaman

Pilih berbagai jenis tanaman artifisial untuk membuat dekorasi rumahmu semakin terlihat menarik. Mulai dari daun, bunga, hingga rumput, sehingga visualnya tampak cantik dan estetik.

Pencahayaan Yang Cukup

Berbeda dengan tanaman asli membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis, tanaman artifisial cukup dibubuhi pencahayaan ruangan agar memberi kesan. Untuk membuatnya seolah-olah hidup, kamu bisa menggunakan lampu sorot agar terkesan lebih dramatis.

Bersihkan secara rutin

Meski buatan, tanaman artifisial tidak lantas membuatmu enggan membersihkannya terlebih dalam jangka waktu yang panjang. Tanaman ini akan menjadi sarang serangga, dipenuhi oleh debu yang menempel dan menjadi kotoran membandel.

Bersihkan tanaman artifisialmu secara rutin dengan kemoceng atau kain lembut. Untuk pembersihan lebih dalam, bilas tanaman dengan air atau gunakan larutan sabun yang diencerkan.

Tanaman artifisial bisa dirangkai menjadi lebih menarik dengan menggunakan vas bunga, pot gantung, atau pot kayu yang dipajang di sudut rumah. Jika kamu ingin menambahkan hiasan dekoratif pada interior rumah yang memberikan kesan asri, tanpa harus direpotkan dengan perawatan dan kebersihannya, tanaman ini bisa menjadi alternatif pilihan. Meski begitu, merawat tanaman hias buatan tetap tidak bisa diabaikan begitu saja, ya!

Nah, demikian pembahasan mengenai tanaman artifisial. Semoga ulasan dalam artikel ini bermanfaat dan bisa membantu pencarianmu!

Just an ordinary people.