Menata ruang kerja di dalam rumah memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika ruang yang dimiliki sangat terbatas, namun tetap membutuhkan lokasi yang strategis. Tidak perlu khawatir, Anda bisa menciptakan ruang kerja terbaik dengan menerapkan beberapa tips berikut ini. -MegaBaja.co.id
Ini Dia Tips Menata Ruang Kerja Agar Semakin Nyaman
1. Temukan Tempat Terbaik
Untuk memiliki ruang kantor yang nyaman, pastikan bahwa Anda memiliki lokasi yang terbaik di rumah. Contohnya dekat dengan dapur maupun memiliki jendela dengan ukuran yang besar. Ruangan yang penuh dengan cahaya alami akan membantu meningkatkan konsentrasi ketika bekerja sehingga secara tidak langsung membuat lebih produktif.
Oleh karena itulah, sangat penting untuk menentukan lokasi terbaik yang ada di rumah untuk dijadikan ruangan kerja. Dengan demikian, akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dan meningkatkan semangat.
2. Pastikan Memiliki Ruang Privasi
Selain menemukan tempat terbaik, Anda juga perlu memastikan bahwa meskipun berada di rumah, namun tetap memiliki ruang privasi. Apabila Anda memiliki ruangan yang cukup luas sebagai tempat kerja, maka bisa membaginya menjadi 2 bagian.
Untuk bagian pertama bisa digunakan ketika ada tamu yang berkunjung. Selain menyambut tamu, juga bisa digunakan untuk bersantai. Sedangkan ruangan lainnya dikhususkan untuk bekerja. Dengan begitu, Anda akan lebih konsentrasi dan fokus.
Apabila harus memanfaatkan ruangan lain seperti kamar maupun dapur, maka bisa tambahkan penyekat privasi ke area tersebut. gunakan tirai dari langit-langit penyekat estetik yang berfungsi sebagai pemisah dan dekorasi fungsional.
3. Pertimbangkan Fungsi Dari Ruangan Tersebut
Ketika memutuskan untuk membuat ruang kerja di rumah, maka bisa mempertimbangkan fungsi dari ruangan tersebut. Apakah akan digunakan untuk belajar anak-anak atau berbagi ruangan dengan pasangan.
Apabila harus berbagi ruangan dengan orang lain, maka membutuhkan meja kerja yang lebih besar. Untuk itulah, pastikan bahwa Anda mengatur meja kerja dengan baik agar tidak membuat ruangan menjadi sempit.
Anda bisa gunakan 1 meja kerja panjang yang diletakkan di sudut ruangan. Selain itu, bias juga gunakan dua 2 meja kecil dan berikan jarak seperti saling berseberangan agar ruangan tetap terasa luas.
4. Gunakan Kursi Kerja Yang Nyaman
Bagi yang memiliki ruang kerja di rumah, biasanya akan memanfaatkan bangku yang sudah ada seperti kursi meja makan atau sofa. Namun, bila Anda kerja di rumah setiap hari, tentu sembarangan duduk akan mempengaruhi postur tubuh dan menyebabkan sakit punggung.
Sangat penting menggunakan kursi kantor ergonomis yang bisa memberikan dukungan pada tubuh, terutama saat Anda harus bekerja dan duduk selama berjam-jam. Dengan menggunakan kursi tersebut, maka Anda bisa mengatur ketinggian kursi sesuai dengan kenyamanan.
5. Gunakan Perlengkapan Kerja Yang Berkualitas
Agar aktivitas bisa berjalan dengan nyaman, Anda perlu memastikan untuk menggunakan perlengkapan kerja yang berkualitas. Termasuk pada pemilihan meja kerja dan kursi yang sebelumnya sudah disebutkan.
Tidak hanya bisa bertahan lama, namun perlengkapan kerja ini akan mendukung kesehatan Anda selama beraktivitas sepanjang hari. Anda pun akan menjadi lebih nyaman dan produktif.
6. Pastikan Posisi Perlengkapan Kerja Sudah Disusun Dengan Tepat
Selain memilih furniture yang tepat, Anda juga perlu menatanya dengan posisi yang tepat juga di dalam ruang kerja. Contohnya, Anda harus memastikan untuk meletakkan posisi monitor komputer sejajar dengan mata.
Biasanya jarak antara komputer dan mata ialah kisaran 45-70 cm. Apabila posisi monitor terlalu rendah maka akan membuat mata dan leher menjadi mudah pegal. Kemudian tata semua perlengkapan lainnya dengan tepat dan pastikan mudah dijangkau namun tidak mengganggu aktivitas Anda.
7. Gunakan Perabot Multifungsi
Apabila ruang kerja memiliki luas yang terbatas, maka Anda bisa menghindari untuk menyimpan terlalu banyak barang di dalamnya. Sebagai solusinya yaitu bisa pilih perabot yang lebih multifungsi. Ini sangat berguna untuk menghindarkan dari kesan ruang kerja yang sempit.
Anda bisa gunakan meja kerja yang memiliki banyak laci. Selain itu, manfaatkan juga bagian sudut di ruang kerja sebagai tempat penyimpanan dengan memasang lemari dinding. Hal yang paling penting ialah rapikan tempat kerja setiap agar agar tetap nyaman.
8. Bangkitkan Mood Dengan Warna Dinding Favorit
Bekerja di rumah tentu memberikan kebebasan bagi Anda untuk mendesain ruang kerja sesuai dengan keinginan. Salah satunya yaitu pada warna dinding. Biasanya warna kantor cenderung netral, kali ini coba pilih warna cerah yang mampu meningkatkan semangat dan konsentrasi kerja.
Contohnya kuning, biru, maupun hijau. Warna-warna tersebut terbukti mampu memicu kerja otak sekaligus memperbaiki mood. Jika belum sempat mengubah warna dinding, maka bisa hadirkan warna favorit pada pemilihan perabotan maupun dekorasi. Ini akan membuat ruang kerja menjadi lebih segar dan ceria tentunya.
9. Manfaatkan Rak Penyimpanan Agar Tetap Rapi
Ruang kerja yang berantakan dengan dokumen berserakan tentu akan membuat mood menurun. Anda perlu memiliki tempat penyimpanan yang memadai seperti rak atau kabinet yang bisa dipakai untuk menyimpan dan mengorganisir berkas-berkas penting.
Apabila ruang kerja memiliki luas yang terbatas, maka bisa memanfaatkan rak dinding yang memudahkan untuk menata perlengkapan yang dibutuhkan. Dengan demikian, ruang kerja akan selalu tampak rapi dan bersih.
10. Perhatikan Pencahayaan Dan Sirkulasi Udara
Ruangan yang redup tentu akan mengganggu penglihatan dalam bekerja dan mudah membuat mengantuk. Oleh karena itulah, sangat penting untuk memperhatikan pencahayaan di ruangan kerja, baik pencahayaan alami maupun cahaya lampu.
Selain itu, sirkulasi udara juga sangat penting. Saat bekerja tentu membutuhkan ruangan dengan ventilasi yang cukup. Jika diperlukan, Anda bisa memasang penyejuk udara. Sirkulasi udara yang baik akan membuat lebih nyaman dalam bekerja.
11. Tambahkan Tanaman Hidup
Untuk menambah kesegaran di dalam ruangan, Anda bisa tambahkan tanaman hidup yang bisa ditempatkan di atas meja. Cukup gunakan tanaman kecil yang perawatannya mudah untuk bisa menghiasi meja kerja.
Warna hijau pada tanaman mampu mencerahkan mata lelah. Selain itu juga mampu memberikan energi positif dalam melakukan berbagai pekerjaan.
12. Menjaga Temperatur Ruangan
Selain cahaya dan sirkulasi, temperatur ruangan juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Apabila temperatur terlalu dingin, tentu akan mengganggu produktivitas Anda dalam bekerja. Begitu juga sebaliknya. Temperatur yang terlalu panas juga akan membuat konsentrasi menjadi pecah.
Anda harus bisa mengatur dan menjaga suhu ruangan kerja dengan menyesuaikan kondisi tubuh. Pastikan untuk tidak terlalu panas dan dingin. Biarkan ruang kerja berada pada temperatur sejuk sehingga memberikan rasa nyaman ketika bekerja.
Memiliki ruang kerja di rumah tentu menjadi hal yang menyenangkan karena bebas berekspresi dengan desain dan penggunaan furniture sesuai keinginan. Namun, banyak hal yang perlu diperhatikan agar dalam melakukan pekerjaan tetap bisa fokus dan konsentrasi meskipun berada di dalam rumah. Seperti memastikan lokasi, perabot, hingga temperatur ruangan tetap terjaga.
Leave a Reply